Masalah memang tidak akan pernah berhenti menyerah untuk terus mengikuti kita. Masalah baru akan berhenti mengikuti saat ajal telah tiba. Masalah pun bisa datang dari mana saja, tidak terkecuali masalah dalam rumah tangga. Oleh karena itu, agar rumah tangga bebas dari masalah maka perlu sebuah cara mengatasi masalah rumah tangga. Ada dua hal mendasar untuk menyelesaikan sebuah masalah. Kedua hal tersebut akan dibahas lebih rinci sebagai berikut.

1. Atasi Perbedaan

Kita bisa belajar pada orang yang langgeng dalam pernikahan mereka meskipun di usia yang sudah senja. Pernikahan mereka bisa langgeng seperti itu bukan berarti mereka lampui tanpa masalah sedikit pun. Namun, mereka berhasil menghadapi masalah tersebut demi keutuhan sebuah rumah tangga.

Hal yang cukup mendasar dari sebuah permasalahan adalah munculnya perbedaan dari tiap individu yang ada di rumah. Ketika suami memiliki pandangan sendiri dan istri pun demikian maka masalah bisa muncul dan menjadi besar bahkan meruntuhkan sebuah rumah tangga jika tidak diselesaikan dengan baik.

Sebetulnya, pertengkaran yang terjadi hanyalah awal saja. Ketika tidak diselesaikan maka masalah tersebut akan berlangsung lebih dalam. Untuk menyelesaikannya, kita cukup menghargai setiap perbedaan yang ada.

Kita tidak bisa memaksakan perbedaan yang ada pada orang lain. Namun, kita bisa menerima perbedaan yang ada tersebut. Dengan demikian, pertengkaran bisa lebih langgeng dan awet. Sebagai contoh dari sebuah perbedaan adalah ketika suami memiliki kebiasaan untuk menaruh barang di mana saja sedangkan istri ingin rumah selalu rapi. Permasalahan kecil ini bisa besar jika tidak diselesaikan. Cara mudah menyelesaikannya dengan menghargai perbedaan tersebut adalah dengan menyewa pembantu di mana istri tetap bisa melihat rumah bersih dan suami pun tidak perlu repot menaruh barang dengan rapi. Inilah cara mengatasi masalah rumah tangga yang pertama.

2. Keinginan Tulus untuk Tetap Bersatu

Semua cara penyelesaian akan menjadi sangat tidak berguna jika pasangan tidak ingin bersatu. Namun, akan lain ceritanya jika pasangan tersebut memang memiliki ketulusan untuk terus bersatu dalam rumah tangga. Besarnya masalah yang terjadi di antara mereka akan seperti debu yang beterbangan. Meskipun sempat membuat mata tidak bisa melihat sejenak, tetapi pada akhirnya tetap bisa melihat lagi dan keluarga tetap utuh.

Inilah kedua hal yang harus dimiliki oleh kedua pasangan dalam berumah tangga jika memang ingin masalah dalam rumah tangganya teratasi. Ini termasuk cara mengatasi masalah rumah tangga yang paling ampuh dan cukup elegan untuk dilakukan bersama.

Comments

Apa Komentar Anda?